December 03, 2021
11 11 11 AM
Aplikasi Berikut Bisa Digunakan Untuk Belajar Secara Live
Berita Kasus Korupsi 2021 yang Lagi Trending di Masyarakat
Berita Perekonomian Masyarakat yang Lesu Akibat dari Merebaknya Virus Corona
Update Berita Masa Pandemi Covid-19 Terbaru di Media
Latest Post
Aplikasi Berikut Bisa Digunakan Untuk Belajar Secara Live Berita Kasus Korupsi 2021 yang Lagi Trending di Masyarakat Berita Perekonomian Masyarakat yang Lesu Akibat dari Merebaknya Virus Corona Update Berita Masa Pandemi Covid-19 Terbaru di Media
Berita Perekonomian Masyarakat yang Lesu Akibat dari Merebaknya Virus Corona

Berita Perekonomian Masyarakat yang Lesu Akibat dari Merebaknya Virus Corona

Masa pandemi covid-19 memiliki dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek, khususnya ekonomi. Berita perekonomian masyarakat yang lesu menjadi trending di media online. Akhir-akhir ini peningkatan kasus positif covid menjadi perhatian utama pemerintah yaitu untuk mencari kebijakan yang ideal. Artinya, pemerintah ingin kasus positif covid mengalami penurunan. Disisi lain, upaya yang dilakukan tidak berdampak pada aktifitas ekonomi di masyarakat. Hal yang paling mendasar adalah pemerintah menginginkan keselamatan dan keamanan menjadi tujuan utamanya.

Covid-19 kini telah berbaur dengan masyarakat maka seyogyanya penerapan protokol kesehatan yang ketat harus diutamakan. Mengingat jika tidak, virus akan masuk ke dalam tubuh manusia dan menyebabkan berbagai macam gejala yang muncul. Saat varian delta mulai menyebar, gejala yang biasanya timbul adalah demam, bantuk, sesak nafas, pusing, diare, hilang rasa dan yang lebih fatal yakni orang tanpa gejala (OTG) langsung bisa meninggal dunia. Antisipasi yang tepat agar terhindar dari virus corona adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Berbagai rekayasa dilakukan pemerintah untuk melakukan pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid. Salah satunya adalah melakukan vaksinasi nasional di tahap pertama yang sudah dilakukan sebanyak 56,17 juta orang. Rekayasa untuk menumbuhan ekonomi melalui program vaksinasi ini dinilai telah menjadikan kepercayaan publik meningkat, khususnya bagi pelaku ekonomi. Diharapkan dengan melakukan upaya ini, APBN yang sudah disalurkan bisa maksimal mendorong tumbuhnya ekonomi nasional. Sekarang bisa dilihat, bagaimana peningkatan kasus positif covid di Indonesia menyebabkan lumpuhnya sektor ekonomi.

Berita Perekonomian Masyarakat dan Berbagai Macam Fenomena yang Terjadi

Berita Perekonomian Masyarakat yang Lesu Akibat dari Merebaknya Virus Corona
  • Maraknya Bisnis dengan Media Digital

Salah satu alternative yang bisa dipilih oleh masyarakat adalah dengan memanfaatkan media sosial atau platform digital untuk berbisnis. Media ini banyak dipilih oleh para pebisnis karena prosesnya yang mudah dilakukan. Tinggal bagaimana seorang pebisnis melakukan branding, marketing dan banyak hal lain dengan media online. Upaya yang terbaik diharapkan memberikan dampak yang signifikan dalam pengembangan bisnisnya.

  • Sulitnya Produk UMKM Dipasarkan

Program UMKM dari pemerintah menjadi andalan yang meski diprioritaskan. Tetapi karena masih lesunya ekonomi masyarakat menjadikan produk hasil UMKM sulit laku dipasaran. Akibatnya banyak pelaku UMKM yang gulung tikar alias bangrut. Persoalan baru muncul, karena akan muncul pengangguran baru di Indonesia.

  • Rendahnya Daya Beli Masyarakat

Di era pandemic ini, rendahnya daya beli masyarakat disebabkan oleh banyak faktor yang dominan. Mungkin karena sedang di PHK, gaji tidak dicairkan, aktivitas jual beli baru sepi dan banyak sekali perihal lain yang menjadikan keuangan masyarakat sepi. Akibatnya, daya beli di masyarakat menjadi rendah. Hal ini menjadi berita perekonomian masyarakat pada masa pandemi covid-19 yang hangat.

Di tengah upaya dan rekayasa pemerintah yang dilakukan, tidak semua kegiatan ekonomi terdampak. Masih ada pebisnis yang hidup dan laris, seperti penjual masker dan alat keamanan virus corona seperti handsantizer, faceshield, desinfektan dan masih banyak lagi yang lainnya. Berita perekonomian masyarakat akibat dari virus corona akan terus berjalan hingga persoalan ini tuntas. Jika tidak selesai, maka beragam persoalan baru akan selalu muncul.

Berbagai bantuan muncul ke masyarakat dan langsung bisa dirasakan seperti saat penerimaan bantuan langsung tunai (BLT). Masyarakat memperoleh bantuan uang tunai Rp. 600.000 dan selanjutnya masih ada program bantuan UMKM, kartu prakerja, bantuan kesenian oleh dinas pemuda dan olahraga dan sejumlah bantuan lainnya.