December 03, 2021
11 11 11 AM
Aplikasi Berikut Bisa Digunakan Untuk Belajar Secara Live
Berita Kasus Korupsi 2021 yang Lagi Trending di Masyarakat
Berita Perekonomian Masyarakat yang Lesu Akibat dari Merebaknya Virus Corona
Update Berita Masa Pandemi Covid-19 Terbaru di Media
Latest Post
Aplikasi Berikut Bisa Digunakan Untuk Belajar Secara Live Berita Kasus Korupsi 2021 yang Lagi Trending di Masyarakat Berita Perekonomian Masyarakat yang Lesu Akibat dari Merebaknya Virus Corona Update Berita Masa Pandemi Covid-19 Terbaru di Media
Update Berita Masa Pandemi Covid-19 Terbaru di Media

Update Berita Masa Pandemi Covid-19 Terbaru di Media

Pelaksanaan hari raya idul adha tahun 2021 terasa berbeda dibanding dengan sebelumnya. Ada perbedaan yang mendasar bagi umat Islam, karena ada anjuran dari pemerintah untuk melakukan ibadah dari rumah. Adapun pelaksanaan hari raya ini bertepatan dengan kebijakan pemerintah tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa dan Bali. Sehingga banyak aktivitas masyarakat yang dibatasi.

Di wilayah zona merah, pelaksanaan ibadah di masjid atau lapangan tidak diperbolehkan. Fenomena ini menjadi salah satu berita masa pendemi yang ramai diperbincangkan di tengah-tengah masyarakat.  Karena hal ini bertentangan dengan kaidah keagamaan yang secara fikih mungkin berbeda. Tetapi dilihat dari literatur Islam, jika pelaksanaan sedang ada wabah penyakit menular maka ibadah boleh dilakukan dengan cara yang lebih aman.

Idealnya, pelaksanaan ibadah idul adha di sambut meriah oleh jutaan umat Islam Indonesia. Berbagai macam ritual keagamaan dilaksanakan pada hari ini, misalkan ada ibadah kurban, ibadah haji, sholat idul adha dan puasa sunnah 2 hari sebelum hari raya. Masing-masing ibadah memiliki makna sosial transendental bagi umat Islam.

Khususnya bagi mereka yang bisa melakukan ibadah haji dan tentunya akan memperoleh pengalaman spiritual tersendiri. Tidak hanya haji, serangkaian ibadah di hari raya idul adha yang lain seharusnya menambah keimanan dan ketakwaa. Akan tetapi, sejak pandemi covid-19 merebak, umat Islam tidak bisa beribadah dengan normal.

Aktivitas sosial keagamaan di masyarakat banyak yang di batasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pandemi covid-19 berpengaruh terhadap berbagai macam ritual di hari raya idul adha di tahun 2021 ini. Kebijakan ini diambil untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan bersama karena dalam waktu-waktu terakhir ini, kasus positif covid-19 di Indonesia kian meningkat.

Penerapan PPKM di masyarakat tentunya harus ditaati, khususnya bagi daerah yang berada pada zona merah untuk tidak melaksanakan sholat ied berjamaah. Meskipun kebijakan ini bertolak belakang dengan logika agama, tetapi demi keamanan kebijakan ini harus diikuti guna tercapai kemaslahatan bersama.

Berita Masa Pandemi di Tengah Hari Idul Adha yang Sedang Trending

Update Berita Masa Pandemi Covid-19 Terbaru di Media
  • Tidak berlangsunga Sholat Idul Adha di Daerah Zona Merah

Kebijakan yang diambil pemerintah tentang PPKM salah satunya jika terdapat zona merah dalam sebuah wilayah, maka bentuk kegiatan bekumpul ditiadakan. Seperti kegiatan tatap muka di sekolah, sosial budaya, bahkan kegiatan keagamaan. Tentunya, saat ada wilayah di zona lain dengan melakukan ibadah ini yakni dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dalam pelaksanaannya tidak boleh meninggalkan 5M.

  • Dilakukan di Tengah Kebijakan PPKM Darurat

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan hari raya idul adha di Indonesia berbarengan dengan kegiatan PPKM darurat. Imbas dari kegiatan ini adalah tidak leluasanya mobilitas yang ada di masyarakat. Agenda keagamaan yang seharusnya bisa dilakukan secara langsung kini banyak yang ditiadakan. Perihal ini menjadikan masyarakat mengelami kebingungan sehingga menjadikan apatisme kepada pemerintah. Penilaian yang ada bahwa pemerintah di nilai lambing mengatasi pandemic covid-19.

  • Fenomena Ekonomi yang Sedang Lesu

Ekonomi yang sedang lesu menemani prosesi hari raya idul adha. Persoalan ekonomi ini mejadi berita masa pendemi yang cukup populer. Maka semangat berbagi dari ibadah kurban ialah mengurangi kesenjangan sosial dan kepedulian antar sesama di masyarakat.

Munculnya berbagai berita masa pendemi yang sedang trending ini perlu dijadikan cerminan agar tetap optimis dalam melawan virus corona. Media dalam mengabarkan harus berimbang, agar tidak menyebabkan ketakutan yang berlebihan di tengah-tengah masyarakat.